Outbound Jawa Timur > Artikel > ALUR PROSES PENYUSUNAN MATERI OUTBOUND TRAINING

ALUR PROSES PENYUSUNAN MATERI OUTBOUND TRAINING

" OUTBOUND TRAINING "
Adalah suatu Training dengan metode Outbound, sehingga fokus materi pelatihan adalah pada Training/Pelatihan yang disajikan dalam bentuk Outbound ( disajikan di alam terbuka ).
 
Pelatihan adalah pengembangan terhadap suatu kompetensi tertentu, sehingga sebelum diselenggarakan pelatihan perlu dilakukan analisis gap kompetensi yaitu dengan penyusunan analisa kebutuhan pelatihan agar sasaran/hasil pelatihan benar-benar sesuai dengan kebutuhan perusahaan/institusi.
 
Berikut alur proses penyelenggaraan outbound :
 
TNA ( Training Need Analysis ) -> Kurikulum -> Materi Pelatihan -> Psikodrama Pelatihan -> Pelaksanaan Pelatihan -> Evaluasi -> Laporan
 
TNA
Pra outbound, dengan analisis profil peserta pelatihan, tujuan pelatihan, sumber daya tersedia meliputi sumber daya tempat/alam, alat bantu pelatihan, waktu, biaya dan metode pelatihan.
 
Kurikulum
Menerjemahkan hasil analisis dari TNA menjadi tabel elemen kompetensi peserta yang akan dikembangkan.
 
Materi Pelatihan
Rancangan penyajian materi pelatihan berdasarkan kompetensi sesuai dengan kurikulum dalam bentuk simulasi/permainan, karena outbound dengan Experiential Curriculum, belajar dari pengalaman nyata dalam bentuk simulasi/games.
 
Psikodrama Pelatihan
Suatu panduan untuk menyamakan persepsi para Trainer/Fasilitator dalam penyajian materi pelatihan untuk memperkecil perbedaan cara memfasilitasi pada kelompok yang berbeda serta memperkecil penyimpangan pencapaian tujuan atas pelatihan. Psikodrama pelatihan berisi panduan atas setiap materi pelatihan/permainan yang meliputi Tujuan, SDM, Alat bantu, Waktu, Uraian singkat permainan, Prosedur permainan dan Pemahaman permainan/refleksi.
 
Pelaksanaan Pelatihan
Rangkaian pelaksanaan pelatihan dengan metode yang telah ditetapkan sesuai dengan TNA, Kurikulum dan Psikodrama.
 
Evaluasi
Pelaksanaan suatu permainan akan dievaluasi dalam pelaksanaan permainan dan makna pembelajaran yang didapat dari permainan dengan metode AKSI - REFLEKSI.
 
Laporan
Catatan teknis atas rangkaian pelatihan pada pra pelatihan hingga penutupan pelatihan dan rangkuman hasil pelatihan serta saran pengembangan bagi peserta pelatihan ( setelah mengamati performance peserta dan hasil pelatihan ).

Outbound Surabaya l Outbound Jawa Timur l Outbound Pacet l Outbound Training
Pilihan Bahasa