Outbound Jawa Timur > Artikel > Ciri individu memiliki kecerdasan dalam emosional yang baik

Ciri individu memiliki kecerdasan dalam emosional yang baik

Dalam hidup diri masing-masing individu manusia memiliki kecerdasan atau tingkat emosional yang berbeda-beda, tingkat emosional setiap individu dapat menjadi acuan dalam melangkah untuk menapaki hidup, emosional bisa berpengaruh dalam kinerja individu, berikut beberapa ciri-ciri yang menjadi tanda apakah individu tersebut memiliki kecerdasan emosional yang baik.
 
Antara lain :
1. Mentalitas berkelimpahan
Sifat ini dimiliki oleh individu yang suka membagi apa yang dimiliki kepada orang lain. Indivu yang demikian ini merasa bahwa dengan memberikan apa yang dimiliki kepada orang lain akan membuat dia merasa bahagia dapat berbagi dengan orang lain dan akan menjadikan semakin kaya.
 
2. Pikiran positif kepada orang lain
Seseorang yang memiliki sifat seperti ini, dia akan melihat orang lain sebagai bagian dari kebahagiaan hidupnya sendiri. Dia selalu melihat semua permasalahan dalam sisi yang positif akan apa yang dikatakan maupun dipikirkan oleh orang lain. Berusaha untuk mengerti orang lain terlebih dahulu, baru dia akan meminta dirinya sendiri untuk dimengerti. Setiap individu yang memiliki sifat seperti ini tidak akan segera menarik kesimpulan tentang apa yang dikatakan orang lain sebelum dia mengerti dan memahami apa yang dipikirkan orang lain.
 
3. Kemampuan berempati
Individu yang memiliki sifat seperti ini biasanya bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Rasa peka terhadap perasaan yang dimilikinya membuat dia merasa mudah merasakan kegembiraan dan kesusahan orang lain. Individu yang kurang atau tidak memiliki kemampuan dalam berempati  biasanya sangat sulit untuk berhubungan dengan orang lain dan lingkungannya. Perasaannya kurang dalam memahami kebutuhan orang lain dan lingkungannya
 
4. Komunikasi transformasional
Berusaha membuat dan memilih kata-kata agar enak didengar telinga dalam berbicara pada orang lain, agar tidak terjadi kesalahpahaman, karena penyampaian suatu kata-kata atau cara berkomunikasi kita dengan lawan bicara, hal itu juga tercermin dari dara bertingkah laku kita terhadap orang lain. Bila terjadi perbedaan pendapat antara dia dengan orang lain, dia tetap memilih kata-kata yang menyejukkan hati, berusaha memberikan pemahaman dan pikiran dalam menanggapi perbedaan tersebut.
 
5. Berorientasi sama-sama puas
Rasa respek yang tinggi bisa tercermin pada sifat ini, karena jika individu yang memiliki sifat ini seperti ini, dalam interaksinya dengan orang lain selalu ingin membuat orang lain merasa gembira dan puas. Individu yang demikian memiliki rasa respek yang tinggi terhadap orang lain
 
6. Sifat melayani
Lawan dari sifat egois ini, dimiliki oleh individu yang sangat senang melihat orang lain senang dan bahagia, individu ini sangat susah melihat jika orang lain susah. Dia selalu membuang jauh sifat yang hanya mementingkan diri sendiri atau golongannya sendiri. Invividu ini akan menjadi pemimpin yang baik, karena dengan memiliki sifat tersebut dia bukan minta dilayani, tetapi melayani kepentingan orang yang dipimpinnya.
 
7. Kebiasaan apresiatif.
Memberikan apresiasi kepada setiap orang dengan pola pikir yang positif terdapat apa yang dilakukan orang lain, karena dengan melakukan hal berikut menandakan bahwa individu tersebut berusaha menghargai apa yang dilakukan orang lain.

 

Outbound Surabaya l Outbound Jawa Timur l Outbound Pacet l Outbound Training
Pilihan Bahasa