Outbound Jawa Timur > Artikel > Kasus dalam Pelatihan : Sikap Mental Positif

Kasus dalam Pelatihan : Sikap Mental Positif

Rian adalah profesional muda disebuah perusahaan farmasi. Rian adalah karyawan dengan berbagai pencapaian akademis yang sangat baik. Lulus sarjana dengan IPK 3,6 skala 4, bahasa Inggris yang baik, menguasai ilmu keuangan dan akuntansi serta aktif berorganisasi. Ketika masuk kerja Rian termasuk sepuluh calon pegawai terbaik. Banyak harapan tertumpu kepadanya demi pengembangan sistem keuangan perusahaan yang lebih baik.
 
Sepuluh tahun telah dia lalui. Rian telah ditempatkan dibeberapa unit kerja sektor keuangan dan internal audit. Posisi Rian tetap sebagai staf. Pada beberapa kesempatan promosi staf, ia terlewatkan begitu saja. Namanya tidak pernah disebut dalam setiap rapat dewan.Sementara rekan-rekan seangkatan sudah mulai banyak yang memperoleh kenaikan pangkat maupun jabatan.
 
Kemudian penugasan-penugasan yang diberikan kepada Rian semakin lama semakin berkurang. Sekarang Rian cenderung lebih banyak diam dan menarik diri dari pergaulan. Pernah beberapa kali Rian mengajukan pensiun dini tetapi tidak pernah disetujui dengan alasan tenaganya masih dibutuhkan dan perusahaan masih berharap banyak untuk pengembangan sektor keuangan perusahaan.
 
Rian menjadi bingung.Haruskah ia tetap tinggal di perusahaan ini?
Meskipun tidak ada perkembangan yang berarti baik dari sisi karir maupun pendapatan? Dalam kebingungan itu dia mulai berbisnis kecil-kecilan yaitu menjadipemasok alat-alat kesehatan. Bisnis dilakukan bersama istrinya. Ia sangat bangga akan pencapaian pribadi ini walaupun belum menghasilkan banyak uang. Ia berharap suatu waktuusaha inilah yang akan menjadi sekoci penyelamat apabila ia mengundurkan diri.
Sangat disayangkan Rian sebagai pegawai yang memiliki potensinamun tertinggal dari sisi peningkatan karir. Ditambah lagi dengan pilihan Rian untuk memilih memusatkan tenaga, perhatian dan uang untuk memulai berbisnis. Ini berarti Rian semakin menjauh dari perusahaan tempat ia bekerja. Cara Rian menyelesaikan masalah justru menciptakan jarak dengan perusahaan dan meminggirkan namanya dari bursa promosi karir.
Sebenarnya perusahaan masih memiliki harapan pada Rian. Hal ini ditunjukkan dengan penolakan terhadap pengajuan pengunduran diri Rian. Perusahaan masih berharap bahwa Rian dapat berubah dan kembali bangkit, berkinerja tinggi dan berkontribusi positif kepada perusahaan. Kesempatan hari ini, raih hari ini juga. Kepercayaan hari ini, tunaikan hari ini juga. Fokuskan seluruh sumber daya individu kita pada tanggungjawab profesional. Bangkitkan motivasi dan ambisi untuk maju.
 
Untuk menjadi nomor satu di kantor Rian harus kembali fokus pada pekerjaan. Siarkan dengan cara-cara yang baik kapasitas dan kompetensi yang dimiliki. Ciptakan kesempatan-kesempatan kerja untuk diri sendiri.
 
Jadi pribadi yang penuh inovasi dan keyakinan diri. Rian harus sering muncul mengemukakan pendapat di rapat-rapat internal. Rian harus tetap berpikir positif bahwa terkadang ada rencana besar dalam hidup ini yang akan melibatkan diri kita. Hanya saja saat itu belum tiba. Tetap semangat dan berikan yang terbaik.

Outbound Surabaya l Outbound Jawa Timur l Outbound Pacet l Outbound Training
Pilihan Bahasa