Outbound Jawa Timur > Artikel > Materi Training : Kiat Membangun Sikap Positif

Materi Training : Kiat Membangun Sikap Positif

Sikap dapat diartikan dengan sederhana sebagai cara Anda membawa diri. Perilaku di sisi lain adalah tanggapan (response) Anda terhadap sesuatu. Membangun sikap dan perilaku yang positif berarti bagaimana Anda membawa diri dan merespon sesuatu dengan menunjukkan kualitas pribadi Anda sebagai pribadi yang baik, bijaksana, lapang dada dan selalu memperhitungkan konsistensi antar kata dan perbuatan.
 
Banyak orang bilang mengubah sikap dan perilaku yang sudah terbentuk sejak kecil itu sulit. Bahkan sampai ada ungkapan yang menyebutkan bahwa lebih mudah memindahkan gunung daripada mengubah sikap dan perilaku seseorang. Bisa jadi ungkapan itu muncul karena sikap dan perilaku seseorang yang sudah begitu mengakar sehingga banyak orang enggan berurusan dengan orang tersebut karena sikap dan perilakunya. Tetapi bila kita melihat contoh nyata bagaimana sikap dan perilaku seseorang, bahkan sekelompok orang bisa diubah maka ungkapan tersebut selayaknya jangan menjadi referensi kita lagi.
 
Contoh nyata adalah di dunia militer. Awalnya semua taruna yang baru diterima di AKABRI sangat beragam sikap dan perilakunya. Wajar karena mereka berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda baik dari sisi ekonomi, sosial, budaya dan geografisnya. Tapi melalui pembinaan mental, sikap dan perilaku yang sudah teruji dalam waktu beberapabulan saja sikap dan perilakunya sudah berubah. Cara berbicara, jalan, berpakaian, menanggapi sesuatu, pola pikir dan bahkan kosa kata sudah berubah dan menjadi relatif lebih seragam.
 
Sikap dan perilaku seseorang juga bisa berubah karena sesuatu hal yang sangat membekas baik di benak maupun mental seseorang. Sebagai contoh adalah seorang preman pasar yang beringas, kasar dan pemabok berubah menjadi orang yang halus berbudi bahasa, sopan tingkah lakunya dan rajin ibadahnya. Semua terjadi karena sang ibu yang sangat ia sayangi mendadak meninggal dunia.
 
Dari dua contoh di atas, nyatalah bahwa sikap dan perilaku seseorang dapat berubah atau bisa diubah. Pertanyaannya, bisakah secara sadar kita melakukannya sendiri? Jawabnya sangat bisa dan pasti bisa! Syaratnya, Anda tahu ke arah mana sikap dan perilaku Anda harus berubah serta disiplin dan kerja keras dalam melakukannya.
 
Sebagai contoh Anda memiliki sikap kurang menghargai orang lain dan perilaku mudah marah. Anda sadar benar bahwa sikap dan perilaku negatif ini harus diubah sebab kalau tidak orang akan menjauh dan Anda akan kesepian tanpa teman. Karena kesadaran Anda untuk mengubah sikap dan perilaku negatif ini besar maka Anda menetapkan tekad kuat untuk melakukannya.
 
Setiap hari Anda coba untuk menghargai orang lain dengan cara mendengarkan dengan aktif dan sungguh-sungguh, menanggapi dengan cepat permintaan orang lain kepada Anda, menyapa dan menyalami teman-teman Anda, lebih banyak tersenyum dan bergaul, menahan amarah dengan mencoba mengambil waktu sejenak untuk bersabar dan tertawa, maka dalam waktu singkat Anda sudah menjadi pribadi yang lebih baik.
 
Ingatlah bahwa sikap dan perilku adalah cerminan diri. Semakin baik sikap dan perilaku Anda, semakin baik pula cerminan diri Anda yang dilihat orang lain.

Outbound Surabaya l Outbound Jawa Timur l Outbound Pacet l Outbound Training
Pilihan Bahasa