Outbound Jawa Timur > Artikel > TAHAPAN OUTBOND

TAHAPAN OUTBOND

Tahapan proses belajar di out bound mempunyai empat tahapan, dimana para peserta diajak permainan tertentu yang kita sebut experience, setelah tahap experience, mereka mendiskusikan manfaat permainan itu dalam kelompok kecil (processing), dan menyimpulkannya dari hal yang kecil ke hal- hal yang besar (generalizing), selanjutnya mereka merefleksikannya dan menerapkan pengalaman itu dalam sistem kerja kehidupan mereka.
 
Dengan demikian out bound memiliki ciri khas sendiri, dimana keseluruhan kegiatan diterjemahkan dalam betuk kegiatan yang lebih nyata dan factual. Di dalam berbagai kegiatan para peserta out bound akan diperkenalkan dengan berbagai jenis permainan (game). Nama permaainan dan terjemahnya, aturan permainan prinsip penilaian permainan yamg dipandu game master melalui langkah-langkah (steps) permainan, safety ataupun mengingatkan peserta mengenai keselamatan dan pemberian kesempatan kepada peserta untuk menentukan strategi serta kesempatan untuk ,mengadakan refleksi bersama yang dipimpin fasilitator segera setelah setiap game berlangsung, yang hendaknya dilaksanakan secara taat azaz dan konsekuen sesuai petunjuk dan panduan yang diberikan oleh program designer yang merangkap pula selaku koodinator kegiatan. “ Sehinga sekalipun dibentuk pola permainan tapi hasilnya bukan main,”
 
Selain dirasakan sangat perlu oleh orang tua mereka pilihan-pilihan aktivitas positif yang ada juga sangat menyenangkan bagi anak-anak. Peningkatan produktifitas anak merupakan salah satu tujuan positif dari program-program outbound.
 
* Hari pertama peserta membaca aturan-aturan kegiatan dan pengenalan lokasi meliputi membangun tenda yang akan ditempati tiga anak setiap tendanya.
* Malam hari mereka belajar memasak dengan menggunakan alat yang bernama trangia dan menggunakan bahan bakar spirtus.
* Pada hari ke 2 berikutnya mereka juga diajarkan tentang tali-temali, pengetahuan tentang alat-alat rock climbing serta praktek langsung
menuruni tebing. Pada program ini mereka bukan hanya menerima pembelajaran secara teori namun juga praktek langsung seperti halnya
bagaimana menanam padi secara benar yang diajarkan langsung oleh para petani di ladang sawah yang telah disediakan.
Cara menangkap membersihkan dan memasak ikan juga diajarkan agar dapat dimakan oleh mereka.
* Setiap kelompok pada malam hari di haruskan untuk membuat api unggun yang diajarkan sebelumnya untuk games dan sesi sharing.
Kegiatan-kegiatan yang jarang didapat di perkotaan seperti memeras susu sapi dan mengkonsumsi langsung susu tersebut dan juga
membuat rakit yang menggunakan pengetahuan tali-temali yang diajarkan sebelumnya dapat ditemukan di program outbound seperti ini.
 

Outbound Surabaya l Outbound Jawa Timur l Outbound Pacet l Outbound Training
Pilihan Bahasa