Outbound Jawa Timur > Artikel > Syarat-syarat menjadi instruktur/fasilitator outbound training
 
 

Syarat-syarat menjadi instruktur/fasilitator outbound training

By: yudho

Suksesnya suatu kegiatan outbound trainingmanajemen sangat tergantung pada kemampuan instruktur didalam membawa acara pelatihan. Semua proses belajar yang terjadi di dalam keseluruhan kegiatan harus berjalan secara lancar dan menyenangkan (Fun). Peranan fasilitator dan instruktur sangat penting. Oleh karena itu instruktur outbound harus dapat menempatkan dirinya secara professional. Seorang fasilitator dan instruktur outbound yang professional setidaknya harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
 
1.Memiliki kompeten dalam bidang ilmu manajemen, ilmu psikologi dan dinamika kelompok.
Tanpa memiliki kompetensi yang memadai seringkali kegiatan outbound hanya menjadi penderitaan fisik karena tidak jelas hubungan antara aktivitas fisik dengan ilmu manajemen dan perilaku yang harus dimiliki dalam kegiatan bisnis dalam era perubahan yang sangat cepat.
 
2. Memahami rancangan permainan untuk mengungkap prilaku manajemen
Kegiatan dalam outbound training manajemen baru akan bermakna bagi pembentukan perilaku yang menunjang sukses bisnis bila kegiatan dirancang untuk mensimulasi perilaku organisasi yang sebenarnya. Oleh karena itu, seorang fasilitator harus terlibat dalam perancangan kegiatan pelatihan outbound training